Pura Di Bogor – Pura Asri Berdekatan Dengan Istana Bogor

pura di bogor

Pura di Bogor salah satunya adalah Pura Giri Kusuma, merupakan salah satu dari beberapa pura yang ada di Jabodebabek.  Pura Bogor ini bersifat Khayangan Jagat, artinya bisa di gunakan untuk umat Hindu secara luas. 

Pura ini merupakan aset Banjar SDHD Kota Bogor, yang sekaligus menjadi pengempon pura di Bogor ini.  Pura ini tidak saja sebagai tempat suci, namun sekaligus untuk menjalankan kegiatan keagamaan, pendidikan agama dan kegiatan sosial.

Selain pura di Bogor ini, ada beberapa pura yang letaknya berdekatan.  Beberapa di antaranya seperti pura Ciangsana, pura Jonggol, pura Sentul, Pura Cibinong, Pura Gunung Salak.   

Tentang Pura Giri Kusuma Salah Satu Pura Di Bogor

Pura adalah tempat berinteraksi umat Hindu horizontal (antara manusia dengan manusta) nenuju interaksi vertikal antara manusia dengan Tuhan/lda Shang Hyang Widhi Wasa) dalam rangka mencapai tujuan agama yaitu Moksartham Jagadhita Ya Ca Iti Dharma.  

Pura Giri Kusuma merupakan salah satu pura di Bogor, maksud dari kata “Bogor” adalah Kota Bogor.  Hal ini mengingat ada beberapa pura lainnya di Kabupaten Bogor.   Perbedaan Kota Bogor dan Kabupaten Bogor yang kadang tidak disadari perbedaan penggunaan “kata Bogor”.

Pura Giri Kusuma Bogor ini terletak di Komplek Perumahan IPB Baranangsiang IV Tanah Baru, Bogor.  Dari arah Jakarta, bisa melalui toll Jagorawi dan kelur di pintu exit Bogor.  Dari sini membutuhkan waktu 15 – 20 menit ke arah Sukaraja letak daerah pura ini berada.

Jika hendak ke Pura Gunung Salak, pastinya akan melewati Pura Giri Kusuma Bogor.  Asumsi jarak dari Pura Parahyangan Agung Jagatkartta Gunung Salak dengan Pura Giri Kusuma Bogor sekitar 15 – 20 km.     

Sejarah Pemberian Nama dan Pembangunan Pura Di Bogor

Pembangunan pura di bogor ini pastinya melalui perjalanan panjang, mengingat hampir sebagian besar pembangunan pura di JaBoDeBaBek melalui swadaya umat.  Tonggak sejarah Pura Giri Kusuma Bogor dari waktu ke waktu tercatat oleh sesepuh dan pengurus pura. 

Ide gagasan pembangunan pura di Bogor ini dimulai sebelum tahun 1989, saat itu umat Hindu yang berada di sekitar Kota Bogor ingin mewujudkan pendirian pura di Kabupaten/Kota Bogor.

Ide gagasan tersebut akhirnya mulai ada titik terang, dengan mulainya aksi pembelian lahan oleh Yayasan Dharma Shanti pada 20 Mei 1989.  Di tanah ini nantinya akan di bangun tempat persembahyangan umat Hindu, dan merupakan salah satu pura di Bogor. 

Dengan niat yang tulus dan semangat luar biasa, rencana pembangunan terus berlanjut.  Sehingga pada tanggal 22 April 1993 dimulailah menacapkan Turus Lumbung sebagai tanda awal pembangunan pura Bogor.  Hari tersebut bertepatan dengan tilem kedasa, dan sejak saat itu persembahyangan purnama, tilem dan hari besar agama dilakukan. 

Pemberian Nama Pura Giri Kusuma Bogor dan Pembangunannya

Pemberian nama sebuah Pura biasanya dilakukan dengan cermat dengan seksama.  Setelah adanya rembug sesepuh,  saran sulinggih dan pinandita maka sejak tanggal 18 Juli 1993 pura di Bogor ini diberikan nama Pura Giri Kusuma Bogor.

Sering kali ada umat atau masyarakat yang tidak mengetahui bahwa ada perbedaan antara Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, namun sering dalam penulisan mencantumkan pura Bogor.  Di Kabupaten Bogor sendiri sudah ada berdiri beberapa jagatnatha lainnya, yang jumlahnya mungkin 7 – 8 pura.

Mulainya pembangunana pura Bogor ini terhitung pada tanggal 25 Meri 1994, dengan tanda meletakkan batu pertama pembangunan Padma.  Awal pembangunan ini disebut pembangunan Tahp – 1, selain Padamasana juga dibangun Pengrurah Sakti.

Setelah peletakkan batu pertama dan pembangunan Padmasana Pura Giri Kusma Bogor ini berjalan, selanjutnya mulai pembangunan Candi Bentar.  Pembangunan candi bentar ini dipuput oleh Ida Pedande Gde Putra Sidemen

Ngenteg Linggih dan Pujawali Pura Giri Kusuma Bogor

Hampir sebagian besar pura di Jabodebabek melaksanakan ngenteg linggih setelah selesai pembanguan pura.  Begitu juga pura di Bogor ini, setelah bangunan utama dan sebagian bangunan penting dinyatakan selesai maka mulailah merencanakan ngenteg linggih. 

Ngenteg Linggih Bethara pura Giri Kusuma Bogor dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 1998.  Proses ngenteg linggih pura di Bogor ini juga di hadiri dan ikut diresmikan oleh Walikota Bogor.  Bersamaan dengan yadnya ngeteg linggih, juga dilaksanakan upacara pewintenan Pemangku dan Pewintinen Sari.

Setelah pelaksanaan ngenteg linggih pura Giri Kusuma Bogor ini, maka selanjutnya dijadikan patokan untuk melaksanakan pujawali.  Adapun pujawali pura Bogor ini dilaksanakan setahun sekali yaitu tepat pada Purnama Sasih Kapat.

Pada saat pelaksanaan pujawali di Pura Giri Kusuma Bogor, maka umat Hindu terdekat seperti dari Cibinong, Ciangsana, Sentul, Jonggol, Bekasi sering kali ikut “tangkil”.  Bahkan beberapa “pralingga” pura dari Jabodebabek ikut ngiring pralingga ke pura Bogor ini.    

Bangunan Pura Giri Kusuma dan Bangunan Tri Mandala

Pura Giri Kusuma Bogor terdiri atas tiga mandala yaitu Utama Mandala, Madya Mandala dan Nista Mandala.  Dalam tata letak atau layout sebuah bangunan Pura, maka pura Bogor ini cukup ideal.  Karena tidak semua pura yang ada di Jabodebabek mempunyai tatanan area pura yang lengkap.

Secara fungsi,Utama Mandala adalah tempat persembahyangan untuk umat dan area ini merupakan area suci.  Untuk datang ke sebuah pura secara umum, maka ada larangan tertentu (cuntaka) ketika ingin memasuki area utama mandala.  Salah satu yang sering menjadi larangan adalah ketika sedang kedukaan atau untuk wanita haid.

Area madya mandala umumnya digunakan untuk kegiatan sosial dan keagamaan.  Di beberapa pura, area ini sering juga menempatkan Bale Gong.  Serta bale pesamuhan untuk pertemuan dan rapat organisasi.

Untuk memelihara kesakralan pura di Bogor ini, maka umat yang akan bersembahyang di Utama Mandala harus melakukan pembersihan.   Prosesi pembersihan ini dilakukan di area nista mandala atau madya mandala.  

Bagaimana Caranya Menuju Pura Giri Kusuma Bogor?

Pura di Bogor ini letaknya di tengah kota, yang sudah tentu akan lebih mudah mencarinya.  Pada umumnya jalan tercepat ke pura Bogor ini jika naik mobil pribadi adalah melalui Tol Jagorawi dan exit di Bogor.  Adapun letak google map di bawah ini bisa memudahkan mencari Pura Giri Kusuma Bogor